Selasa, 27 Agustus 2013

Tentang Kesehatan Kaki Anda

Kaki adalah bagian tubuh paling bawah. Meski terbawah bukan berarti kondisi kaki dapat diabaikan. Karena faktanya, keadaan kaki dapat menggambarkan kondisi tubuh secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa kondisi kaki yang dapat menjadi petunnjuk adanya gangguan kesehatan.

1. Kaki selalu terasa dingin
Kaki yang selalu dingin disebabkan buruknya peredaran darah, dan penyakit jantung. Kerusakan saraf akibat diabetes yang bisa terkontrol juga bisa menyebabkan kaki terasa dingin. Penyebab lainnya adalah hipotiroidisme dan anemia.

2. Sensasi kaki seperti terbakar
Sensasi terbakar merupakn hal yang umum terjadi pada penderita diabetes, denagn kerusakan saraf tepi. Kondisi ini juga dapat disebabkan vitamin B, athelte's food, penyakit ginjal kronis, buruknya sirkulasi darah di kaki (peripheral arterial disesase), dan hipotiroidisme.

3. Sakit pada kaki
Bila kaki terasa sakit setelah beraktifitas seharian, perhatikanlah kondisi sepatu. Sebanyak 8 dari 10 wanita mengatakan, sepatu tertentu menyakiti kaki mereka. Namun sakit yang dikarenakan sepatu bertumit tinggi, mungkin diakibatkan pecahan kecil di tulang. Penyebabanya adalah latihan terlalu berat, seperti basket atau lari jarak jauh, lemahnya tulang karena osteoporosis juga meningkatkan resiko ini.

4.  Kejang kaki
Rasa sakit tiba-tiba pada kaki adalah tanda kejang otot,yang bisa terjadi beberapa menit.Penyebab utamanya adalah kelebihan kerja dan kelemahan otot.  Penyebab lain adalah buruknya sirkulasi, dehidrasi, atau ketidakseimbangan pottasium, magnesium, kalsium atau vitamin D dalam tubuh. Perubahan hormon saat hamil atau gangguan tiroid, juga berperan.

5. Kaki bengkak
Bengakak merupakan gangguan temporer yang disebabkan berdiri atau penerbangan yang terlalu lama. Namun kaki yang bengkak dalam waktu lama merupakan tanda adnya masalah pada pembekuan darah dan sistem limfatik. Gangguan ginjal dan tiroid yang kurag aktif, juga dapat menjadi penyebab bengkak.

6. Jari kaki kemerahan, putih, dan biru
Penyakit Raynaud dapat menyebabkan jari kaki berwrna kemerahan, putih, dan biru dan kembali kewarna asal. Penyebabnya adalah penyempitan arteri, yang disebut vasovasma. Stress atau perubahan suhu dapat menyebabkan vasopasma, yang biasanya tidak memicu penyakit lain. Penyakit Raynaud juga berhubungan dengan radang sendi, penyakit Sjorgen, dan gangguan tiroid.

7. Sakit pada tumit
Penyebab utama sakit pada tumit adalah plantar fasciitis, yaitu perdagangan pada ligamen panjang yang melekat pada tulang tumit. Rasa sakit akan lebih terasa ketika bangun tidur dan terjadi tekanan di kaki. Radang sendi, latihan berlebihan, dan sepatu yang tidak cocok menyebabkan sakit pada tumit, misalnya tendonitis. Penyebab lainnya adalah infeksi tulang, tumor, atau tulang pecah.


8. Cara jalan seret
Penyebab perubahan cara jalan adalah kehilangan kemampuan merasakan sensasi pada kaki, yang disebabkan kerusakan saraf tepi. Kerusakan saraf diakibatakan infeksi, kekurangan vitamin, dan kelebihan alkohol.

9. Rasa gatal
Rasa gatal dan kapalan, merupakan infeksi jamur yang umum terjadi pada pria berusia 20-40 tahun. Reaksi pada zat kima atau produk perawatan kulit tertentu, dapat menyebabkan gatal, disertai kemerahan dan kering.

10. Luka yang kunjung sembuh
Luka pada kaki yang tak kunjung sembuh, merupakan tanda utama diabetes. Penyembuhan yang lama juga merupakan tanda buruknya sirkulasi akibat penyakit seperti peripheral artery disesasi.

Sumber : www.webmd.com

Terima kasih saat ini Anda sedang membaca artikel kesehatan "Tentang Kesehatan Kaki Anda" di http://koyobamboogrosir.blogspot.com - Bamboo Foot Patch Termurah Di Indonesia

Tidak ada komentar: